Beton Cor

Apa yang dimaksud dengan beton

Pengertian Beton

Dalam konstruksi, beton merupakan satu buah bahan bangunan komposit yang dibuat dari campuran aggregat serta pengikat semen. Wujud sangat universal dari beton merupakan beton semen Portland, yang terdiri dari agregat mineral( umumnya kerikil serta pasir), semen serta air.

Umumnya dipercayai kalau beton mengering sehabis pencampuran serta peletakan. Sesungguhnya, beton tidak jadi padat sebab air menguap, namun semen berhidrasi, mengrekatkan komponen yang lain bersama serta kesimpulannya membentuk material seperti- batu. Beton digunakan buat membuat perkerasan jalur, struktur bangunan, fondasi, jalur, jembatan penyeberangan, struktur parkiran, dasar buat pagar/ gerbang, serta semen dalam bata ataupun tembok blok. Nama lama buat beton merupakan batu cair.

Dalam perkembangannya banyak ditemui beton baru hasil modifikasi, semacam beton ringan, beton semprot, beton fiber, beton berkekuatan besar, beton berkekuatan sangat besar, beton mampat sendiri dll. Dikala ini beton ialah bahan bangunan yang sangat banyak dipakai di dunia.

Sejarah Beton

Pemakaian beton serta bahan- bahan vulkanik semacam abu pozzolan bagaikan pembentuknya sudah diawali semenjak era Yunani serta Romawi apalagi bisa jadi tadinya. Dengan kombinasi kapur, pozzolan, serta batu apung, bangsa Romawi banyak membangun infrastruktur semacam akuaduk, bangunan, drainase serta lain- lain. Di Indonesia pemakaian yang seragam dapat dilihat pada sebagian bangunan kuno yang tersisa. Benteng Indrapatra di Aceh yang dibentuk pada abad ke- 7 oleh kerajaan Lamuri, bahan bangunannya berbentuk kapur, tanah liat, serta batu gunung. Orang Mesir sudah menciptakan tadinya kalau dengan mengenakan aditif debu vulkanik sanggup tingkatkan kokoh tekan beton.

Pemakaian beton secara masif dimulai pada permulaan abad 19 serta ialah dini masa beton bertulang. Pada tahun 1801, F. Coignet menerbitkan tulisannya menimpa prinsip- prinsip konstruksi dengan meninjau kelembapan bahan beton terhadap taruknya. Pada tahun 1850, J. L. Lambot buat awal kalinya membuat kapal kecil dari bahan semen buat dipamerkan dalam Expo tahun 1855 di Paris. J. Moiner, seseorang pakar halaman dari Prancis mematenkan rangka metal bagaikan tulangan beton buat menanggulangi taruknya yang digunakan buat tanamannya. Pada tahun 1886, Koenen menerbitkan tulisan menimpa teori serta perancangan struktur beton. C. A. P Turner meningkatkan pelat slab tanpa balok tahun 1906.

Sumber : Site Beton Cor

1 komentar untuk “Apa yang dimaksud dengan beton”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *